Belajar Bersama Dalam Penguatan Mekanisme Monev

Lembaga dan perwakilan anggota kelompok dampingan yang tergabung dalam Ecosystem Alliance (EA) region Sumatera kembali melakukan pertemuan rutin per-tiga bulan. Pertemuan ini merupakan kali ke-dua setelah pertemuan Mitra EA pertama di Padang Sumatera Barat. Kegiatan berlangsung selama empat hari di Provinsi Lampung, yang diselenggarakan pada tanggal 25-28 Juni 2013.

Pertemuan mitra EA region Sumatera yang ke-dua bertemakan tentang penguatan mekanisme monev dan belajar praktek monev bersama. Dalam sesi Workshop Penguata Mekanisme Monev di Aula Tabek Indah Bandar Lampung yang dipandu oleh Zainuri Hasyim selaku fasilitator dari Riau, seluruh peserta terlibat dalam diskusi pengkajian kembali rumusan monev yang disusun oleh tim perumus yang dimotori oleh Zainuri Hasyim.

Rumusan monev yang tersusun dan telah dinilai layak akan menjadi standar monev bagi lembaga-lembaga yang tergabung dalam proyek EA region sumatera. Selain melakukan workshop yang bertemakan tentang monev, para peserta yang berasal dari Yayasan Mitra Insani (YMI) Riau, BT Telapak Riau, Walhi Riau, Warsi KKI Jambi, Yayasan Gita Buana (YGB) Jambi, Wahana Bumi Hijau (WBH) Sumatera Selatan, Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) Lampung dan Samdhana Institute melakukan kunjungan lapang selama dua hari di Desa Kota Batu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah yang merupakan satu diantara beberapa site dampingan YKWS. Kunjungan lapang bertujuan untuk melakuka parktek monev bersama di wilayah kelola Koperasi Comunity Logging Giri Mukti Wana Tirta (Comlog GMWT) yang menjadi dampingan YKWS dalam pengembangan hutan rakyat di Kabupaten Lampung Tengah.

Pada praktek monev tersebut, ada beberapa item yang menjadi bahan monev di lapang, diantaranya ialah tingkat capaian keberhasilan program, dampak sosial, ekonomi dan ekologi bagi penerima manfaat, serta kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan program. Praktek monev melibatkan aparatur pemeritahan desa, pengurus koperasi, anggota koperasi dan masyarakat desa Kota Batu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Monev menjadi sebuah bagian yang sangat penting bagi seluruh anggota mitra EA dalam memperoleh indikator sebuah keberhasilan dan capaian program. Monev dapat diterapkan dimanapun dan untuk kepentingan apapun. Untuk mengukur capaian keberhasilan dan mencari strategi serta solusi baru dalam upaya mewujudkan keberhasilan program yang berkelanjutan. Gagasan-gagsan yang lahir dari kegiatan belajar bersama dalam penguatan mekanisme monev bagi mitra EA region Sumatera yang belibatkan anggota kelompok dampingan tentunya akan bermanfaat dalam menuju perbaikan. (Fb)  


Komentar

Mitra

Jangan lewatkan niat baik untuk berdonasi.

(721) 3400261Kontak Kami