Deklarasi ODF 12 Pekon Di Kabupaten Tanggamus

Sebanyak dua belas pekon dari empat kecamatan di Tanggamus melakukan deklarasi ODF (open defecation free) atau stop buang air besar sembarangan, Rabu (18/12).

Pelaksanaan deklarasi ODF dipusatkan di Pekon Teba, kecamatan Kotaagung Timur, Tanggamus.

Kedua belas pekon tersebut yaitu: Pekon Teba, Tanjung Anom, Talang Rejo, Kecamatan Kota Agung Timur. Pekon Srikuncoro, Sidomulyo, Sukajaya, Margomulyo, Kacapura, Tugurejo, Tulungasahan, Kecamatan Semaka. Pekon Banjarnegoro, Kecamatan Wonosobo. Pekon Tanjung Agung, Kecamatan Kotaagung Barat.

Deklarasi ODF dihadiri Bupati Tanggamus Dewi Handajani, didampingi Sekretaris Daerah Hamid Lubis, dan jajaran pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) kabupaten Tanggamus, Komandan Distrik Militer 0424 Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo. Wakapolres Tanggamus Yuliansyah, Plan Manager PT Tirta Investama Tanggamus Asep Mawan Ruswandi, dan Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) Febrilia Ekawati.

Bupati Tanggamus dalam sambutannya mengatakan dua belas pekon yang telah deklarasi ODF pada hari ini sebagai pemicu untuk pekon dan kecamatan lain di Tanggamus agar bisa segera ODF dengan pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

“Memang tidak mudah mengubah perilaku buang air besar sembarangan yang sudah menjadi kebiasaan. Kami menyadari bahwa Tanggamus masih tertinggal serta akses sanitasi yang masih rendah. Jika kita berkomitmen kuat, dan saling bersinergi Insya Allah semua bisa ODF,” ungkap Dewi.

Bupati Tanggamus juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Tirta Investama Tanggamus (Aqua Danone) dan YKWS yang telah menjalin kerjasama dan berkontribusi dalam pendampingan masyarakat untuk program air bersih dan sanitasi di Kabupaten Tanggamus.

“Kami sangat berharap agar YKWS dan Aqua Danone bisa terus mendampingi untuk mewujudkan seluruh pekon di Tanggamus 100% ODF dan kabupaten STBM yang berkelanjutan, sehingga persoalan dan angka stunting di Tanggamus bisa menurun, serta derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat untuk kualitas generasi yang lebih unggul,” imbuh Dewi (Sumber: Jejamo.com)


Komentar

Mitra

Jangan lewatkan niat baik untuk berdonasi.

(721) 3400261Kontak Kami