Kompak Berorganisasi Melalui DK

Melalui program pemberdayaan pada proyek Mendorong Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Kearifan Lokal, Yayasan Koservasi Way Seputih (YKWS) atas dukungan program OF - Ecosystem Alliance, melakukan kegiatan pelatihan Dinamika Kelompok (DK) bagi para kader pembangunan desa. Pelatihan yang diikuti duapuluh lima orang peserta wanita dan pria dari kader pembangunan desa Sidoluhur Kecamatan Bangun Rejo Lampung Tengah diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 13-15 Desember 2013.

Pada kegiatan pelatihan DK, Fasilitator Daerah I (FASDA I) Lampung bersama dengan YKWS memberikan materi tentang organisasi kelompok dan sistem kebersamaan ekonomi (SKB). Fasilitator juga mengajak para peserta untuk dapat menggali potensi diri dan menyusun strategi bagaimana membuat kelompok yang kompak dan dinamis. "Kelompok adalah sebuah bentuk organisasi yang beranggotakan lebih dari dua orang, yang memiliki cita-cita dan tujuan bersama" Ucap Eko Saputro, salah satu peserta pelatihan Dinamika Kelompok (DK) saat menjawab pertanyaan dari Fasilitator tentang pengertian kelompok. Kegiatan pelatihan berlangsung lancar. Proses pelatihan lebih menekankan pada kegiatan diskusi.

Peserta pria maupun wanita sangat komunikatif selama kegiatan berlangsung. Sebagai sebuah strategi dalam menumbuhkan kekompakan dan kebersamaan, peserta dibagi dalam beberapa kelompok diskusi kecil untuk menyelesaikan soal-soal materi dan permainan yang diberikan oleh Fasilitator. selain itu, pada sesi akhir materi peserta menyusun sebuah renjana strategi dan rencana tindak lanjut pengembangan kelompok di Sidoluhur. "Pelatihan DK ini semoga bisa memicu semangat dan motivasi bagi kami untuk bisa menjadi kader pembangunan di desa kami, serta kami bisa menjadi penggerak masyarakat untuk membentuk kelompok atau organisasi dalam bidang pertanian maupun kelompok sosial lainnya, sehingga cita-cita bersama untuk mendorong desa Sidoluhur mandiri pangan dan energi dapat terwujud" Ungkap Rommi, Peserta pelatihan dari dusun II Sidoluhur. Pasca pelatihan DK diharapkan agar peserta bisa mejadi penggerak dan menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing dan dapat menciptakan embrio-embrio kelompok tani maupun kelompok wanita tani (KWT) baru di Sidoluhur.


Komentar

Mitra

Jangan lewatkan niat baik untuk berdonasi.

(721) 3400261Kontak Kami