Open Recruitment Program WASH for HCF

Yayasan Konservasi Way Seputih merupakan lembaga sosial masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan. Salah satu program yang dikembangkan oleh YKWS yaitu sub-sektor air sanitasi dan kebersihan (Water and Sanitation Hygiene / WASH).

Di tahun 2021 YKWS akan mengembangkan program Water and Sanitation Hygiene for Healthcare Facility (WASH for HCF) di Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Program  WASH for HCF merupakan upaya dalam mendorong  UPT. Puskemas, dinas kesehatan dan pemerintah kota serta mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan dan menyediakan fasilitas perawatan kesehatan yang inkulusif

Dalam pelaksanaan program WASH for HCF, YKWS menggunakan pendekatan partisipatif dari seluruh stakeholder  untuk memastikan fasilitas perawatan kesehatan di Puskesmas dan fasilitas perawatan kesehatan  lainnya memiliki pasokan air yang aman dan dapat diakses; fasilitas sanitasi yang bersih dan aman; fasilitas kebersihan tangan di tempat perawatan dan di toilet; dan sistem pembuangan limbah yang tepat. Serta dapat diakses oleh penyandang disabilitas, lansia dan anak-anak dan kelompok rentan lainnya.

Saat ini YKWS sedang mencari beberapa tenaga profesional untuk membantu menjalankan program Water and Sanitation Hygiene for Healthcare Facility (WASH for HCF) di Provinsi Lampung, dengan posisi sebagai berikut:

  1. WASH Officer (WO)
  2. MEAL Officer (MO)
  3. Finance (F)
  4. Facilitators WASH Wilayah Bandar Lampung (FBL)
  5. Facilitators WASH Wilayah Metro (FM)

 

GambaranPosisi         :

  1. WASH Officer bertanggung jawab  memastikan keberhasilan pelaksanaan dan pengawasan intervensi penyediaan fasilitas WASH for HCF di wilayah sasaran, mendukung pengembangan staf dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam operasi penyediaan air dan sanitasi, pemeliharaan dan pengelolaan, berpartisipasi dalam mobilisasi sumber daya WASH for HCF dan memastikan pelaksanaannya dilakukan dengan kolaborasi erat dengan staf program, masyarakat lokal, komunitas, pemerintah daerah dan lainnya.
  1. Monitoring Evaluation Accountability Learning (MEAL) Officer bertanggung jawab atas kegiatan Pemantauan, Evaluasi, Akuntabilitas, dan Pembelajaran serta berkontribusi pada kualitas program WASH for HCF secara keseluruhan melalui koordinasi, dan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi yang ditingkatkan, akuntabilitas, dan strategi pembelajaran.
  1. Finance bertanggungjawab mengelola dana sedemikian rupa dan mencatat transaksi keuangan sesuai dengan prosedur manajemen  program dan prosedur keuangan, ke dalam sistem administrasi keuangan dan mengidentifikasi serta mengatasi setiap hambatan dalam pemrosesa
  1. Facilitators WASH bertanggungjawab dalam melakukan pendekatan dan pendampingan masyarakat sebagai pelaksanaan program WASH for HCF dan menjadi narahubung antara YKWS dengan masyarakat, UPT. Puskesmas dan pemerintah kota dan stakeholder terkait

 

Tugas WASH Officer :

  1. Menyusun rencana detil implementasi program WASH for HCF
  2. Melakukan komunikasi intensif kepada parapihak atas setiap isu penting yang dapat mempengaruhi pelaksanaan program.
  3. Mengawasi dan bertanggung jawab atas semua aspek teknis untuk pelaksanaan program, memastikan bahwa fasilitator menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, dan efisien.
  4. Mampu berkoordinasi dengan fasilitator maupun tim lainnya, memperbarui kebutuhan rinci dan penilaian sumber daya dan merevisi desain rencana teknis yang diperlukan, dengan mempertimbangkan aspek praktis implementasi, solusi berkelanjutan jangka panjang, dan spesifikasi teknis serta pedoman yang relevan.
  5. Memfasilitasi dan memelihara hubungan profesional yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan stakeholder lainnya.
  6. Secara aktif berpartisipasi dalam penyusunan strategi WASH for HCF, dan rencana operasional program
  7. Menjalin kontak rutin dengan stakeholder terkait.
  8. Menjaga pola komunikasi dan koordinasi internal tim program agar berjalan dengan efektif.
  9. Menyusun dan mengembangkan rencana mingguan, bulanan, dan catatan komprehensif tertulis tentang pekerjaan teknis yang dilakukan dalam program termasuk kunjungan lokasi dan pelaporan kemajuan pekerjaan.
  10. Memastikan pengumpulan dan pelaporan dilakukan secara sistematis, benar dan tepat waktu dengan informasi yang berkualitas.
  11. Membuat laporan kegiatan, laporan bulanan, laporan triwulan, laporan perkembangan dan laporan tahunan beserta lampirannya dengan tepat waktu dan berkualitas, dan menyampaikannya kepada donor sesuai dengan standar yang disepakati.
  12. Melaporkan secara teratur pelaksanaan aktivitas, dengan tetap memelihara catatan akurat dari semua indikator kinerja yang relevan.

 

Tugas MEAL Officer:

  1. Mampu menganalisis informasi teknis dari berbagai sumber untuk masalah teknis guna mendukung tim program dalam mencapai keunggulan teknis dalam program / proyek MEAL yang sedang berlangsung.
  2. Mendukung pengembangan alat pengumpulan data yang efektif untuk pemantauan rutin, database program dan format pelaporan untuk program yang ada dan yang baru.
  3. Mendukung penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk proyek MEAL, sesuai kebutuhan.
  4. Mempersiapkan orientasi dan pelatihan yang sesuai dan berkualitas tinggi untuk staf lapangan dan mitra tentang sistem dan alat MEAL program, sesuai kebutuhan.
  5. Melakukan kunjungan pemantauan program secara teratur.
  6. Mampu menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data di lapangan dan mendampingi fasilitator melakukan hal ini.
  7. Mampu menganalisis tren data pemantauan tepat waktu untuk mendukung pelaporan program dan pengambilan keputusan.
  8. Mendukung penerapan kendali kualitas data untuk memastikan integritas data program.
  9. Membantu mereview dan / atau pengembangan laporan program, dengan studi baseline program, evaluasi jangka menengah dan akhir, sesuai kebutuhan.
  10. Menyusun dokumentasi proses proyek dan pembelajaran.

 

Tugas FINANCE:

  1. Membantu tim program dalam membuat rencana anggaran kegiatan.
  2. Meriview dan memverifikasi anggaran untuk setiap aktivitas p
  3. Mencatat transaksi keuangan sesuai dengan prosedur manajemen program dan prosedur keuangan YKWS, ke dalam sistem administrasi keuangan dan mengidentifikasi serta mengatasi setiap hambatan dalam pemrosesan
  4. Memantau apakah semua transaksi keuangan dilakukan sesuai dengan otorisasi dan prosedur donor, terutama peraturan pengadaan.
  5. Menindaklanjuti penerimaan dan pembayaran terkait program, rekonsiliasi saldo bank, menyiapkan transaksi keuangan dan mengelola tingkat likuiditas program, berdasarkan pedoman prosedur akuntansi lembaga serta kerangka pengendalian internal.
  6. Meninjau dan memeriksa data, waktu dan biaya yang dibukukan untuk program sesuai dengan manajemen program dan prosedur keuangan, memeriksa secara berkala (mingguan dan bulanan) dan mengoreksi kesalahan jika diperlukan.
  7. Mendukung tim program dalam pelaporan donor keuangan yang tepat waktu, lengkap dan benar dan dalam mempersiapkan revisi anggaran untuk donor sesuai dengan pedoman donor dan sesuai dengan manajemen proyek dan prosedur keuangan.
  8. Menyusun dan merekapitulasi laporan keuangan perkegiatan, bulanan, dan laporan akhir tahun sesuai dengan panduan pengelolaan keuangan .
  9. Mendokumentasikan dan mengarsipkan dokumentasi yang relevan, menyimpan berkas dengan lengkap dan mutakhir serta menjaga kualitas dan aksesibilitas arsip dan berkas, menyesuaikan prosedur administrasi dan prosedur pengarsipan.

 

Tugas Facilitators:

  1. Melaksanakan pendampingan masyarakat dan komunitas sesuai dengan rencana kerja program WASH for HCF
  2. Memfasilitasi masyarakat dan komunitas dalam kegiatan-kegiatan
  3. Mengorganisir masyarakat dan komunitas dalam menjalankan kegiatan-kegiatan
  4. Memanfaatkan sumberdaya dan keterampilan local dengan membantu kelompok dalam mengenali dan memanfaatkan potensi
  5. Mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan di lokasi program WASH for HCF
  6. Membuat laporan kegiatan, laporan bulanan, laporan triwulan dan laporan tahunan beserta lampirannya serta bersedia tinggal di daerah dampingan.

 

Kualifikasi&Pengalaman WASH Officer:

  1. Minimal lulusan S1 (diutamakan S2) Teknik Lingkungan / Air / Kesehatan Masyarakat atau bidang terkait.
  2. Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun di  bidang WASH (3 tahun di bidang WASH in HCF)
  3. Mengetahui konsep dasar tentang air, sanitasi, dan hidup bersih pada sarana kesehatan
  4. Mampu berorientasi target dan memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim maupun bekerja mandiri,mampu mencapai target.
  5. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan motivasi untuk membantu anggota tim.
  6. Memiliki kemampuan berorganisasi, komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan.
  7. Mampu mengoperasikan Microsoft Office.
  8. Jujur, bertanggungjwab, kreatif, inovatif, memiliki inisatif, dan professional.
  9. Mampu melakukan perjalanan secara rutin kekantor-kantor lembaga keuangan dan wilayah operasionalny
  10. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris aktif.

 

Kualifikasi&Pengalaman MEAL Officer:

  1. Minimal lulusan S1 ilmu sosial, studi pembangunan, pertanian, nutrisi, statistik atau bidang terkait, gelar master adalah nilai
  2. Memiliki pengalaman minimum 3 tahun pengalaman kerja
  3. Dapat bekerja secara mandiri dalam pengawasan / fasilitas terbatas di wilayahnya.
  4. Memiliki pengalaman yang kuat dalam pemantauan, evaluasi, akuntabilitas dan pembelajaran, termasuk pendekatan partisipatif.
  5. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris aktif.
  6. Memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft office dan paket statistik (misalnya SPSS, STATA) dan keakraban dengan aplikasi TI untuk mendukung MEAL dan manajemen informasi merupakan keuntungan
  7. Keterampilan manajemen hubungan yang baik dengan kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif sebagai bagian dari tim multidisiplin dan multicultural.
  8. Memiliki kapasitas dan keterampilan berpikir strategis, analitis, pemecahan masalah dan sistem.
  9. Memiliki keterampilan menulis yang baik.
  10. Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.
  11. Memiliki keterampilan pengumpulan dan penelitian data yang kuat dan kemampuan untuk menafsirkan dan menganalisis data.
  12. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris aktif.

 

Kualifikasi&Pengalaman FINANCE Officer:

  1. Minimal lulusan S1 diutamakan lulusan di bidang akuntansi atau manajemen keuangan
  2. Memiliki pengalaman minimum 3 tahun pengalaman yang relevan dalam Administrasi Keuangan / fungsi Akuntansi atau serupa dengan pengetahuan rinci tentang kontrak proyek dan akuntansi proyek.
  3. Memiliki pengetahuan tentang anggaran proposal proyek, terjemahan ke dokumen proyek yang relevan sesuai dengan prosedur manajemen proyek, semua persyaratan donor, tanggal & format pelaporan dan persyaratan pelaporan internal YKWS.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris aktif.
  5. Memiliki keterampilan komputer yang baik (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point, Internet dan Outlook)
  6. Mempunyai pengetahuan / pengalaman dalam SAP merupakan nilai tambah.
  7. Mempunyai pengetahuan / pengalaman di bidang perpajakan merupakan nilai tambah.
  8. Memiliki keterampilan interpersonal yang kuat.
  9. Mampu memelihara hubungan baik dengan donor dan tim proyek.
  10. Memiliki keterampilan negosiasi dan koordinasi yang baik.
  11. Mampu memotivasi diri dan terorganisir.
  12. Mampu bekerja secara mandiri dan dengan tim.
  13. Bersedia untuk bekerja dengan jadwal yang fleksibel.
  14. Berinisiatif dan kreatif dalam memecahkan masalah.

 

Kualifikasi&Pengalaman Facilitators:

  1. Minimal lulusan S1 diutamakan lulusan ilmu kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat atau latarbelakang pendidikan yang sesuai.
  2. Memiliki pengalaman pendampingan masyarakat minimal 3 tahun di bidang WASH dan STBM.
  3. Dapat bekerja secara mandiri dalam pengawasan / fasilitas terbatas di wilayahnya.
  4. Memiliki pengalaman bekerja dalam tim dengan berbagai orang, keterampilan interpersonal yang sangat baik dan berpengalaman dalam fasilitasi masyarakat, pelatihan dan pengorganisasian kerja.
  5. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris aktif.
  6. Memiliki laptop dan dapat mengoperasikan program Microsoft office.
  7. Memiliki kendaraan sendiri.
  8. Berdomisili di Provinsi Lampung.

 

Cara mengirimkan lamaran kerja:

Untuk mengajukan lamaran, dimohon mengirim email lamaran yang disertai posisi yang diminati dengan melampirkan CV dan insentif yang diharapkan kepada  info@ykws.or.id  cc: ykws_lpg@yahoo.co.id, ykwsofficial@gmail.com  dengan subject :

  • WASH Officer (WO)
  • MEAL Officer (MO)
  • Finance (F)
  • Facilitators WASH Wilayah Bandar Lampung (FBL)
  • Facilitators WASH Wilayah Metro (FM)

 terhitung mulai dari diumumkannya lowongan ini hinggatanggal 26 Maret 2021.

Hanya pelamar yang memenuhi kriteria yang akan dihubungi untuk proses perekrutan selanjutnya.


Komentar

Mitra

Jangan lewatkan niat baik untuk berdonasi.

(721) 3400261Kontak Kami