Pelatihan Membuat Biogas Bagi Kelompok Konservasi

Duapuluh lima orang peserta yang berasal dari anggota Kelompok Konservasi Tunas Muda dan Pamong dari Kampung Sidoluhur Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah mengikuti pelatihan membuat Biogas. Pelatihan  diselenggarakan selama delapan hari pada tanggal 5-12 februari 2014. Narasumber dan fasilitator pada pelatihan membuat Biogas berasal dari team ahli kontruksi Biogas Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS).

Kegiatan pelatihan membuat biogas bertujuan untuk memberikan ketrampilan dan keahlian  bagi anggota Kelompok Konservasi Tunas Muda dalam membuat kontruksi biodigester. Dalam penjelasannya kepada para peserta pelatihan, Febrilia Ekawati selaku Manager Program YKWS  menyampaikan Biogas adalah sebuah energi alternatif ramah lingkungan yang berasal dari pemanfaatan limbah kotoran hewan (kohe) dan bahan-bahan organik lain yang mengandung gas metan. " Potensi energi yang murah dan ramah lingkungan banyak tersedia di lingkungan sekitar kita, kotoran hewan, dan limbah organik lainnya dapat kita manfaatkan untuk menjadi biogas sebagai energi alternaitf.

Memanfaatkan limbah organik dan kohe menjadi biogas secara langsung akan membantu dalam mengatasi persoalan pencemaran lingkungan dan pelepasan emisi, disisi lain, juga akan menghemat biaya untuk membeli gas LPG dan slurry atau ampas dari kohe yang telah diambil gasnya dapat menjadi sumber pupuk organik yang baik untuk tanaman dan kesuburan tanah," ungkap Febri. Materi yang didapat peserta pada kegiatan pelatihan biogas yaitu pengenalan tentang biogas, bahan yang digunakan dalam membuat biodigester dan teknik membuat kontruksi biodigester. Penyampaian materi dilakukan pada hari pertama pelatihan dan tujuh hari selanjutnya peserta pelatihan praktik membuat kontruksi biodigester. Dalam kegiatan pelatihan biogas peserta pelatihan dibagi dalam tiga kelompok, dan melakukan praktik membuat biodigester pada tiga titik lokasi yaitu di dusun Dua, dusun Lima dan Dusun Tujuh Kampung Sidoluhur Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah. 


Komentar

Mitra

Jangan lewatkan niat baik untuk berdonasi.

(721) 3400261Kontak Kami