Capaian Sanitasi Layak dan Aman di Lampung Ternyata Baru 2 Persen

Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih, Febrilia Ekawati, saat memberikan sambutan dalam acara Percepatan Akses Sanitasi Menuju Target Sanitasi Aman di Provinsi Lampung yang berlangsung di Aston Lampung City Hotel, Rabu (26/2) | Foto: Obbie Fernando/Lampung Geh


Lampung Geh, Bandar Lampung - Provinsi Lampung yang memiliki 13 kabupaten dan 2 kota, hanya baru 2 persen yang dikategorikan memiliki sanitasi layak dan aman.
Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS), Febrilia Ekawati, dalam acara Percepatan Akses Sanitasi Menuju Target Sanitasi Aman di Provinsi Lampung yang berlangsung di Aston Lampung City Hotel.


"Baru 3 kabupaten/kota yang berada pada 100 persen akses sanitasi dasar yaitu Pringsewu, Metro, dan Way Kanan. Dan Provinsi Lampung, baru 2 persen saja yang baru dikatakan sanitasi layak dan aman," katanya, Rabu (26/2).


Menurutnya jumlah tersebut masih sangat kecil mengingat pembangunan sanitasi saat ini bukan lagi ke tahap sanitasi dasar melainkan naik level ke sanitasi layak dan aman.
"Target tahun 2024 agar 10 persen sanitasi layak dan nyaman bisa tercapai. Hal ini menjadi momentum bersama menyusun perencanaan yang bisa kita kerjakan, sinergi menjadi kunci penting," ucap dia.


Melalui acara tersebut, pihaknya meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bisa berkolaborasi untuk menangani kasus sanitasi ini.
"Karena tujuan kegiatan ini untuk memetakan kegiatan sanitasi di Lampung dan menyebarluaskan pembelajaran mencapai akses sanitasi layak dan aman," pungkasnya.


Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Pemprov Lampung, Taufik Hidayat; Walikota Metro, Achmad Pairin; dan Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi.(*)

Sumber: Kumparan/Lampung Geh


Komentar

Mitra

Jangan lewatkan niat baik untuk berdonasi.

(721) 3400261Kontak Kami